Header Ads

Minggu, 04 November 2018

ASAL USUL KEMEJA DAN JENIS-JENISNYA

Asal Usul Kemeja dan Jenis-jenisnya




Kemeja ialah salah satu fashion ikon yang menjadi pilihan tidak sedikit orang, baik lelaki maupun wanita. Tahukah kamu bagaimana mula mula kemeja hadir dan mulai dikenal luas masyarakat dunia?. Mari kita mengembara lorong waktu.

Apa tersebut kemeja?. Kemaja ialah pakaian dengan karakteristik berkerah, mempunyai lengan panjang, berkancing dari atas hingga bawah dan sejumlah mempunyai kantong di di antara sisi dan atau kedua sisinya. Kemeja dikenal kesatu didaratan eropa dengan sebutan Camisa, yang masih dekat dengan format aslinya, blus, dari bahasa Perancis, khususnya untuk perempuan dan hem dari bahasa Belanda.
Kemeja pada tadinya dikenal di kaawasan eropa dengan karakteristik kemeja mempunyai renda di sepanjang dada sampai perut. Dulu kemeja melulu berwarna putih. Pada abad ke 17 di Eropa, kemeja adalahpakaian semua bangsawan, kemeja putih berenda menjadi pakaian kerajaan inggris, seringkali dipadupadankan dengan Tuxedo. Fakta ini tertulis pada kitab Men’s Wardrobe seri Chic Simple.

Perkembangan kemeja dibuka pada tahun 1800, dengan model ruff yakni kemeja dengan kerah dari bahan bulu yang tidak bisa dilipat sampai-sampai pemakaianya susah bergerak, tetapi popularitasnya meredup sesudah HG Wells menciptakan kemeja berkerah yang bisa dilipat dan dialami lebih nyaman guna digunakan, laksana yang anda pakai sekarang.
Kehadiran kemeja di Indonesia tahun 1918 diangkut oleh pedagang kaya dan berkembang pada masa penjajahan Belanda. Kemeja pada saat tersebut adalahpakaian yang mewah, berkelas dan prestisius sehingga pemakainya sangat terbatas.

Jenis-jenis kemeja

• Camp shirt – kemeja lengan pendek atau blus simpel dengan saku depan dan kerah samping. Kemeja ini diandalkan  kawula muda sebagai opsi busana supaya terlihat rapih tetapi tidak terkesan kaku alias semi-formal. Cocok dipakai untuk kuliah sehari-hari. Kemeja ini sesuai juga dipadukan dengan celana jeans dan jaket supaya terlihat lebih muda dan trendi.

• Dress shirt – kemeja dengan kerah formal (agak kaku), lazimnya dengan bukaan sarat dari bawah sampai kerah dan mengunakan kancing dan lengan dengan manset. Ini dia jenis kemeja yang dipakai untuk acara formal, laksana wisuda misalnya. Menggunakan kemeja jenis ini memang paling sesuai dilengkapi dasi panjang, lagipula dengan setelan jas hitam dan sepatu pantofel dipastikan kadar ketampanan kamu bertambah. Bisa pun diganti jasnya dengan rompi supaya mmeberikan kesan eksekutif muda.

• Dinner shirt – kemeja khusus diciptakan untuk dikenakan dengan pakaian malam laki-laki, contohnya dasi hitam atau dasi putih. Kemeja jenis ini biasa anda jumpai digunakan oleh karyawan hotel lelaki yang melayani tamu eksklusif, sebab branding baju ini merupakan, rapih dan bersih, tetapi sayangnya anda akan beranggapan berkali-kali guna memakaianya, sebab tipikal outfit yang satu ini butuh momen yang tepat, contohnya ke pesta dansa. Jika hendak lebih trendi kita dapat memakai luaran berupa jas hitam.

• Winchester Shirt – suatu baju kemeja bergaris atau berwarna tetapi dengan kerah putih dan manset. Kemeja ini lazim dipakai pegawai kantoran sebab kesan rapih tetapi tetap dinamis. Kemeja ini paling nyaman baik dipakai dengan atau tanpa dasi. Kemeja ini dapat dibentuk menjadi kesan formal maupaun casual dengan unsur lengan dilipat hingga siku tangan.

• Guayabera – suatu kemeja bersulam (bordir) dengan empat saku. Kemaja jenis ini agaknya sulit didatangi jaman sekarang. Entah sebab mempunyai empat saku sampai-sampai terkesan terlampau rame, lagipula umumnya lelaki senang dengan sesuatu yang simple. Namun model ini diadopsi oleh pembuat pakaian muslim pria. Kita mengenalnya dengan sebutan baju koko, tetapi bedanya baju koko tidak berkerah lipat.

• Poet shirt – kemeja longgar atau blus dengan lengan uskup penuh, seringkali dengan embel-embel besar di depan dan di manset. Fashion item ini lazim dipakai oleh wanita yang hendak tampil casual tetapi dituntut berpakaian rapih, baju jenis ini dapat jadi alternative.

• Polo SHIRT – Ini dia jenis kemeja yang paling popular dan tidak sedikit digunakan khususnya anak muda. Dengan jenis bahan yang lebih nyaman dan menyerap keringat. Baju ini mencerminkan suasana yang casual dan trendi. Baju ini cocok untuk mereka yang senang beraktivitas outdoor. Dipakai ketika kuliah juga tidak masalah sebab masih terdapat kesan rapih dari kerah bajunya.

• Sleeveless Shirt – Sebuah kemeja tanpa lengan. Disebut pun sebagai tank top.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox