Header Ads

Jumat, 02 November 2018

JENIS KEMEJA

Jenis Kemeja




A. Kemeja Formal/Dress Shirt
Sesuai dengan namanya, kemeja ini di kenakan guna acara-acara sah atau formal. Kemeja formal di desain guna di kenakan dengan jacket/blazer dan dasi, tetapi dapat juga di kenakan tanpa keduanya. Kemeja ini mempunyai potongan yang bertolak belakang jika di bandingkan dengan kemeja kasual.

B. Kemeja Kasual/Casual Shirt
Sebagus apapun bahan atau coraknya, andai kemeja mempunyai lengan pendek berarti tergolong jenis kemeja kasual. Kemeja ini di desain guna di kenakan dengan leher tak di kancingkan, dan terlihat mengherankan jika menggunakan dasi.

Bagian Kemeja
Secara garis besar, bagian-bagian dari kemeja yang butuh di ketahui ialah seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah, walaupun masih terdapat bagian rinci lain.

1. Kerah / Collar

Bagian yang satu ini adalahyang sangat penting dari kemeja, ada sekian banyak  jenis tipe kerah/collar laksana button down collar, pointed collar, spread collar, pin & tab collar serta lainnya. Masing-masing tipe kerah/collar menilai level prosedur dari sebuah acara dan pun di sesuaikan dengan format wajah.

2. Lengan

Seperti yang telah saya bilang di atas, andai kemeja berlengan pendek tersebut berarti di kenakan guna acara casual. Walaupun masing-masing kemeja lengan panjang belum pasti untuk acara formal. Dalam memilih kemeja, lumayan susah untuk menggali kemeja dengan lengan yang pas dengan ukuran kita, khususnya kemeja lengan panjang.

3. Cuff

Walaupun bentuknya kecil, unsur yang satu ini paling penting. Di samping kerah, cuff ialah salah satu unsur yang terlihat saat kita mengenakan jas/jacket guna ke acara sah atau formal. Ukuran cuff mesti lebih panjang selama 1-1,5 inchi dari jas/jacket Anda. Ada sejumlah model cuff yang dapat Anda coba, mulai dari yang standar ataupun variasi lainnya.

4. Placket

Sebagian besar kemeja formal maupun casual mempunyai bagian yang satu ini. Seperti yang dapat dilihat pada gambar,placket terletak di unsur kiri depan dengan terdapat sejumlah lubang kancing yang berjajar vertikal.

5. Yoke

Yoke ialah bagian kemeja berupa bahan yang menghubungkan kemeja unsur depan dan belakang, selain tersebut juga guna menutupi tulang bahu kita. Ada dua model yoke, yakni one-piece yoke dan two-piece yoke. Kemeja formal seringkali menggunakan one-piece yoke.

6. Pleat

Seperti anda ketahui, punggung seorang lelaki tidaklah rata. Oleh sebab itu tidak sedikit bagian belakang kemeja yang di desain dengan pleat yang bermanfaat untuk menyesuaikan postur punggung kita.


Ada 2 macam pleat yang dapat Anda temui, yakni box pleat dan side pleat. Namun tidak sedikit juga kemeja yang di desain tanpa pleat.

Masih terdapat bagian beda yang lebih rinci dari sebuah kemeja. Memang kelihatannya memusingkan, tetapi sangat tidak kita perlu menyimak ke-6 bagian urgen di atas ketika berkeinginan membeli sebuah kemeja.

Oiya terdapat kabar baik guna Anda, kami sedang menyiapkan suatu ebook premium yang bakal membahas menyeluruh semua mengenai fashion pria, dan di antara bagian materinya ialah membahas mengenai kemeja secara detail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox